Power point

A. Pengertian Power Point

       Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.

Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer

Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.



B. Manfaat dan Kegunaan

    Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :

1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.

2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.

3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.

4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.



C. Kelebihan dan Kelemahannya

   Keunggulan atau kelebihan Ms. PowerPoint diantaranya yaitu :

1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.

3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.

4. Dapat mengedit foto secara langsung.

5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.

6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding)

Kekurangan : 1. Adanyalicensi yang memungkinkan penggunanya untuk membayar program aplikasi powerpoint ini



D. Mengenal Tampilan Lembar Kerja Power         Point

Perhatikan gambar di bawah ini!





Gambar di atas merupakan tampilan dari lembar kerja. Ms. PowerPoint. Seperti yang telah diketahui, Ms. Power Point merupakan program pembuat presentasi dari Microsoft Windows. Fungsi utama fitur fitur yang tersedia pada lembar kerja PowerPoint adalah sebagai berikut:



1. Tittle Bar

• Merupakan judul atau nama file yang sedang dibuka



2. Quick Access Toolbar



• Disebut juga dengan Toolbar Akses Cepat berfungsi untuk menambahkan tool tool yang sering digunakan. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan klik satu kali.



3. Tombol pengatur jendela terdiri dari:



• Minimize adalah tombol untuk meminimalkan jendela

• Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan jendela

• Close adalah tombol untuk menutup jendela



4. Menu Bar



• Merupakan deretan teks yang berisi perintah.



5. Tab Slide



• Berisi kumpulan slide yang digunakan. Ukurannya kecil dan terletak di sebelah kiri kiri layar.

6. Tool Bar



• Terdiri dari tombol-tombol yang memilki fungsi tertentu dan bisa mempercepat pekerjaan. Di dalam toolbar terdapat ikon ikon yang digunakan untuk mengolah data.



7. Baris Status



• Baris status berisi nomor halaman slide dan sebagainya.



8. Slide



• Lembar kerja atau tempat membuat data presentasi seperti: teks, tabel, grafik, diagram dan sebagainya.



9. Placeholder



• Merupakan tempat untuk mengetikkan presentasi.



E. Membuka Program Power Point

 Membuat presentasi baru :



1. Buka PowerPoint.



2. Pilih presentasi kosong, atau pilih salah satu tema.



3. Pilih tema lainnya untuk menampilkan galeri dan mencari selengkapnya.



Membuat PowerPoint baru



Menambahkan slide :



1. Pilih slide yang diinginkan untuk mengawali slide baru Anda.



2. Pilih Beranda > Slide Baru.



3. Pilihtata letak dan tipe yang Anda inginkan dari daftar turun bawah.



Tata letak slide PowerPoint

Menyimpan : 



Saat menyimpan file ke awan, Anda dapat berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain.



1. Pilih File > Simpan Sebagai.



2. Pilih folder OneDrive dan Namai file tersebut.



Setelah Anda menyimpan sekali ke OneDrive, Simpan otomatis diaktifkan yang menyimpan file Anda secara otomatis, setiap beberapa detik, saat Anda bekerja.

Layar Simpan sebagai dengan pilihan

Mengganti nama presentasi : 



1. Pilih nama file di bilah judul.



2. Dalam menu yang muncul, Anda dapat mengganti nama file, memilih lokasi baru untuk memindahkannya, atau melihat Riwayat Versi untuk file tersebut.



Menu turun bawah dari judul dokumen di Word untuk Office 365

Offline : 



Saat Anda online, Simpan otomatis selalu aktif dan menyimpan perubahan Anda saat Anda bekerja. Jika suatu saat Anda kehilangan koneksi internet atau menonaktifkan koneksi, setiap perubahan yang tertunda akan segera disinkronkan begitu Anda kembali online.

Tombol Simpan Otomatis di Office

Pencarian :



Di bagian atas aplikasi Microsoft Office di Windows, Anda akan menemukan kotak pencarian . Alat andal ini membantu Anda mencari perintah PowerPoint, mendapatkan bantuan, atau mencari di web.

Kotak pencarian beraksi di PowerPoint dengan gambar yang dicari,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN ( internet dan intranet)

VARIASI DOKUMEN PENGOLAH KATA

Unit Masukan (input device)